Harap Tunggu ....

Change Color

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu implementasi Tridharma perguruan tinggi dimana mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Pasca pandemi, Universitas Jember kembali melakukan KKN secara luring seperti periode sebelum pandemi. Pada KKN 2022 periode 2 ini, Universitas Jember mengusung konsep Unej Membangun Desa (UMD) tematik yang berfokus pada enam tema utama yaitu kewirausahaan, pariwisata, literasi, stunting dan sanitasi lingkungan, desa tanggap bencana (destana) serta TIK. Pemilihan tema tiap kelompok disesuaikan dengan kondisi dan potensi masing-masing desa lokasi KKN UMD tematik. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jember juga bekerja sama dengan seluruh perguruan tinggi di Kabupaten Jember melalui program KKN Kolaboratif dimana mahasiswa dari 13 perguruan tinggi dan swasta tergabung dalam satu kelompok KKN yang ditempatkan di wilayah Kabupaten Jember.

KKN UMD tematik 2022 periode 2 ini diikuti sekitar 3200 mahasiswa yang tersebar di 5 kabupaten yaitu Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Pasuruan. Salah satu desa tujuan KKN UMD tematik ini adalah Desa Cermee yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Desa Cermee terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Situbondo yang memiliki luas wilayah sekitar 838,88 ha. Desa ini memiliki 9 dusun yang meliputi Dusun Gebang, Dusun Cermean, Dusun Simpang Tiga, Dusun Mojopahit, Dusun Madya, Dusun Krajan, Dusun Kota, Dusun Kampung Baru dan Dusun Barat Sawah. Desa Cermee merupakan pusat kegiatan masyarakat Kecamatan Cermee dengan pasar Cermee dan lahan pertanian sebagai potensi aset utama. Mayoritas warga Desa Cermee berprofesi sebagai petani dari berbagai komoditas tanaman seperti padi, jagung, tebu, terong, cabai dan kelapa. Sementara itu, warga Desa Cermee memiliki wirausaha mandiri seperti industri rumah tangga.

Salah satu UMKM yang terdapat di Desa Cermee adalah industri tahu lokal milik warga Dusun Gebang. Seperti industri pada umumnya, pabrik tahu ini juga menghasilkan limbah sisa produksi yang belum memiliki sistem pengolahan limbah sehingga air sisa ini langsung dialirkan ke sungai. Limbah ini tentu dapat merusak lingkungan dan biota perairan sekitar lokasi industri. Hal ini dimanfaatkan oleh Kelompok KKN UMD tematik 255 dengan mengolah limbah tahu menjadi Pupuk Organik Cair (POC) yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Pemerintah Desa, UMKM terkait, dan Kelompok Tani. Pengolahan limbah tahu menjadi POC menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan limbah dan dapat menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung sektor pertanian.

Proses pengolahan limbah tahu menjadi POC dilakukan dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang diperlukan yaitu dirigen, ember dan gelas takar. Sedangkan bahan yang diperlukan dalam pembuatan POC antara lain 5 liter air limbah tahu, 5 liter air cucian beras, 5 liter air bersih dan 50 mL EM4 serta 150 mL molase. Langkah pembuatan POC yaitu :

1.      Masukkan limbah air tahu, air cucian beras dan air bersih ke dalam ember yang telah disiapkan

2.      Tambahkan EM4 dan molase ke dalam campuran tadi lalu diaduk hingga rata dan dimasukkan ke dalam dirigen dengan volume yang sesuai

3.      Jika bahan telah selesai dimasukkan ke dalam dirigen, maka dirigen dapat ditutup agar terjadi proses fermentasi

4.      Pengamatan dilakukan setiap hari dan dilakukan pengadukan jika ditemukan jamur dalam dirigen

Kegiatan pemanenan POC dari limbah tahu dapat dilakukan dengan jangka waktu 14 hari dari proses pembuatan. Salah satu indikator kematangan POC dapat diketahui dari dari aromanya yang menyerupai bau tape. Pengolahan limbah tahu menjadi POC ini akan disosialisasikan kepada Kelompok Tani yang ada di Desa Cermee sebagai salah satu program kerja kelompok KKN UMD 255. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mampu meningkatkan ekonomi warga desa, meningkatkan potensi pertanian desa, serta sebagai upaya mengatasi pencemaran lingkungan.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 082298991286