Harap Tunggu ....

Change Color

Bondowoso- Bambu/Pring merupakan tumbuhan jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnnya,yang waktu pertumbuhannnya paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik,dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm bahkan lebih,tergantung pada lokasi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Di desa cermee, kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso terdapat banyak potensi desa yang dapat di kembangkan,di desa ini memiliki potensi desa antara lain komonitas bonsai,kerajinan bambu,kerajinan tas,kerajinan seni ukir dan sebagainya. Yang kami kembangkan adalah bambu sebagai bahan utama dari suatu kerajian tangan tersebut. Bambu memiliki banyak macamnya seperti bambu tali,bambu wulung,bambu kuning,bambu duri,bambu ampel dan lain-lain

Di desa Cermee ini memilih bambu duri untuk bahan kerajiinan tersebut menurut Pak hendro(32) selaku pegawai kerajinan mengatakan bahwa bambu duri merupakan bambu yang bagus untuk kerajinan,kuat tahan lama,mudah dibentuk juga tidak mudah di makan rayap,dan hewan pemakan kayu lainnya. Home industri tersebut berproduksi dari tahun 2010 sampai sekarang. Kerajinan bambu yang sering dibuat adalah kandang kambing, kandang ayam, tempat tidur bambu, pagar pekarangan, kurungan ayam, kurungan nasi, tangga bambu, dll.

Produk kerajinan bambu tersebut tidak hanya dipasarkan di sekitaran cermee saja, tetapi dipasarkan di daerah situbondo hingga terjual sampai ke Bali.Sayangnya, home industri tersebut berproduksi hanya bila ada pesanan saja. Keterbatasan danalah yang menjadi pemicu terhambatnya proses produksi. “Bila saja kita punya dana lebih, pasti kita bisa mengembangkan usaha ini lebih baik lagi” tutur Kurnanti(74). Home industri tersebut pernah di survei oleh Dinas Sosial yang bertujuan untuk pemberian gergaji mesin dan alat-lannya, tetapi sampai saat ini hal tersebut hanya isapan jempol belaka.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 082298991286