Harap Tunggu ....

Change Color

Desa Cermee menjadi salah satu lokasi dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan menjadi bentuk dari pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh LP2M Universitas Jember. Desa Cermee merupakan desa yang dikenal dengan beragam potensi seperti pertanian, peternakan, perdagangan dan lain sebagainya. Salah satu bentuk potensi yang dikembangkan oleh warga Desa Cermee adalah usaha pembuatan tempe, pabrik tahu dan bakso Berdasi (Berbahan Daun Singkong). Wujud pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan dalam mengembangkan UMKM yang dimiliki oleh masyarakat Cermee adalah kegiatan pemberdayaan.

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 255 Universitas Jember memberikan bantuan dan pemberdayaan bagi masyarakat lokal di Desa Cermee dalam meningkatkan unit usaha yang dimiliki oleh masyarakat. Tim KKN 255 Desa Cermee terdiri atas 9 orang dengan koordinator desa Rizal Fawahan. Anggota kelompok KKN 255 terdiri dari Putika Anjarwati, Intan Puspita Sari, Aditya Bayu Febryansah, Serlina Septianingsih, Mega Devita Sari, Zanirah, Fakhrunsihaq Khosyi dan Eka Amanah Sekar Arum. Tim KKN 255 siap memberikan bantuan dan pemberdayaan untuk mengembangkan bisnis yang dikelola oleh masyarakat yaitu pada usaha pabrik tahu, tempe dan bakso Berdasi.

Kegiatan pemberdayaan dan bantuan yang diberikan berupa kegiatan pelatihan dalam pengemasan, pelabelan, pemanfaatan limbah industri dan kegiatan pemasaran. Kegiatan tersebut dilakukan sebab pengelolaannya masih belum optimal. Salah satunya dapat ditemukan dalam  pembuangan limbah tahu yang dibuang secara langsung ke selokan sehingga menimbulkan permasalahan baru yakni pencemaran lingkungan. Selain itu UMKM yang dikelola oleh masyarakat Cermee masih memiliki permasalahan terkait pengemasan, pelabelan dan pemasaran dimana skala pemasaran yang dilakukan masih mencakup wilayah Cermee saja. Hal ini menjadi bentuk permasalahan yang perlu mendapatkan kegiatan pemberdayaan sehingga skala distribusi menjadi lebih luas dan mampu menigkatkan pendapatan masyarakat.

Kegiatan pemberdayaan yang diberikan oleh Tim KKN 255 di Desa Cermee menjadi bentuk inovasi untuk mengembangkan UMKM yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Inovasi yang diberikan diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan sehingga mampu mengembangkan usaha yang sedang dikelola.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 082298991286