Harap Tunggu ....

Change Color

Masyarakat Indonesia sudah mengenal bahwa tempe berasal dari hasil olahan kedelai, tetapi ternyata ada tempe yang bukan berbahan baku kedelai salah satunya, yakni tempe gembus yang dibuat dari ampas tahu. Tempe jenis ini cukup laku keras di pasaran dan dikonsumsi oleh banyak masyarakat terutama di daerah Jawa. Secara harfiah tempe gembus adalah makanan hasil fermentasi dari ampas tahu sebagai substrat dengan jamur tempe sebagai mikroorganismenya.  

Pamor tempe gembus memang terbilang lebih rendah dibandingkan dengan tempe yang dibuat menggunakan kacang kedelai, hal ini dikarenakan tempe gembus tidak mengandung protein sebanyak tempe biasa. Meskipun disepelekan kandungan gizinya, tempe gembus masih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Dikutuip dari buku karya Prof, Dr. Ir. Eni yang berjudul Makanan Tradisional Indonesia Seri Kelompok Makanan Fermentasi dan Makanan yang Populer di Masyarakat (2017). Prof. Eni menyebutkan  bahwa didalam tempe gembus terdapat protein sebesar 4% dan serat kasar sebesar 30,4 %, tingginya serat yang terkandung dalam tempe gembus disinyalir memberikan keuntungan yaitu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Desa Cermee yang menjadi lokasi penerjunan mahasiawa KKN berdiri  pabrik tahu yang sudah berusia belasan tahun. Eksistensi pabrik tahu ini secara tidak langsung berkembang menjadi sentra kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, melihat potensi yang cukup menjanjikan tim KKN 255 Universitas Jember berusaha memanfaat limbah ampas tahu menjadi tempe gembus. Hal ini menjadi focus utama dikarenakan banyaknya ampas tahu yang terbuang sia-sia dan hanya berakhir menjadi pakan ternak. Oleh karena itu, Kelompok 255 Unej mengadakan sosialisasi dengan sasaran utamanya adalah ibu-ibu Rt 14 Dusun Madya, Desa Cermee.

Dalam sosialisasi dan pelatihan ini hadiri sekitar 6 orang, dimana tim KKN 255 berupaya menyampaikan tentang bagaimana proses pembuatan tempe gembus dan bagaimana pengemasan yang ideal. Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan ibu-ibu dalam mengolah ampas tahu menjadi tempe gembus serta memberikan gambaran kepada mereka tentang manfaat tempe gembus bagi tubuh dan menjadi olahan yang bernilai ekonomi.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 082298991286