Harap Tunggu ....

Change Color

Tim Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya di Desa Cermee, Kecamatan Bondowoso, Jawa Timur mengajak siswa SDN Cermee 3 untuk menanam sayur menggunakan botol bekas. Dengan semangat yang menggebu-gebu, tim MMD UB bersama dengan siswa kelas 5 dan 6 SDN Cermee 3 berkumpul di halaman sekolah pada hari Kamis, 20 Juli 2023, untuk memulai kegiatan menanam sayur bayam dan kangkung dalam botol bekas dengan menggunakan metode sistem tanam hidroponik. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang cara menanam sayur dengan mudah dan menyenangkan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang daur ulang dan mengurangi sampah plastik.

Proses menanam sayur dalam botol bekas dimulai dengan menyediakan botol bekas yang telah dibersihkan dan dibagi menjadi dua bagian. Tutup botol dilubangi untuk dimasukkan kain flanel sebagai perantara untuk mengalirkan air ke media tanam. Siswa kemudian diarahkan untuk mengisi air pada bagian bawah botol, sedangkan bagian atas diberi tanah dan bibit sayur.

KKN_UB_SDN3_2.JPG

 "Saya senang sekali bisa menanam sayur dalam botol bekas. Nanti kalau sudah tumbuh besar, saya bisa memetiknya sendiri dan membawanya pulang," ujar Iksan, salah satu siswa kelas 5, dengan antusias. Selain sebagai sarana pembelajaran, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak seluruh komunitas sekolah dan desa untuk peduli terhadap lingkungan dan melakukan upaya kecil untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya dengan melakukan daur ulang menjadi media tanam hidroponik.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa bisa belajar tentang tanggung jawab terhadap lingkungan dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mengajak masyarakat dan orangtua siswa turut berpartisipasi memberikan dampak positif yang lebih besar," tambah Anam. Selain itu, kepala SDN Cermee 3, Weni, menyambut baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Tim MMD UB. "Kegiatan menanam sayur menggunakan botol bekas ini sangat inspiratif dan mendidik. Kami berharap semangat peduli lingkungan ini dapat terus terjaga dan menjadi contoh bagi kegiatan-kegiatan berkelanjutan di sekolah kami," Weni menambahkan.

Kegiatan menanam sayur dalam botol bekas oleh Tim MMD UB di SDN Cermee 3 memberikan contoh konkret bagaimana mahasiswa bisa berperan aktif dalam memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran lingkungan di masyarakat. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus diadopsi oleh berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Para siswa juga diharapkan dapat terus menerapkan kegiatan ini kedepannya.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 082298991286