Selamatan Rakyat Desa Cermee 2019

Bondowoso, Kegiatan Selamatan Rakyat Desa Cermee merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemdes Cermee disetiap tahun, kegiatan tersebut bertujuan guna mengingat jasa jasa leluhur yang telah berjasa dalam terbentuknya Desa Cermee, dan mengharap kemakmuran Desa Cermee kedepannya.

Terdapat beberapa macam kegiatan dimulai dari persiapan acara, acara inti, dan acara hiburan. Dalam acara persiapan dilakukan beberapa wacana, yakni pendirian terop, penyembelihan hewan ternak, dan hal hal yang nantinya dibutuhkan dalam inti acara, tentunya persiapan ini tidak lepas dari dukungan para warga cermee yang turut membantu.

Pada acara inti yang dilaksanakan hari Minggu (7/04) terdapat beberapa kegiatan yakni dimulai dari jam 07.00 diadakan acara walimah atau orang madura menyebutnya “Kaonjengan” kegiatan ini dihadiri oleh para warga dari penjuru desa, walaupun tidak semua, tokoh ulama dan tamu undangan lainnya, kegiatan ini semacam doa bersama guna kemakmuran desa cermee kedepannya. Berlanjut pada hari inti pada siang hingga malam hari para warga Desa Cermee silih bergati mendatangi rumah Kepala Desa Cermee, hal tersebut semacam rasa peduli dan kekompakan warga dalam ikut berpartisipasi dalam Selamatan Rakyat Desa Cermee.

Pada tanggal (8/04) memasuki acara hiburan yakni perlombaan yang dilakukan oleh pemdes cermee di kediaman Kepala Desa, acara pertama diawali oleh ziarah Kepala Desa Cermee beserta staff dan warga cermee ke Asta Jhu’ Dhemmang, dimana konon ceritanya Jhu’ Demmang adalah salah satu sesepu Desa Cermee yang berperan penting dalam Desa Cermee,, disela sela acara tersebut juga terdapat kegiatan penaburan uang receh kepada warga oleh kepala desa, hal ini bermakna sebagai Rizki yang diterima oleh desa Cermee semoga akan bertambah melimpah dan bermanfaat. Sesampainya dirumah Kepala Desa dilanjut dengan bermacam macam perlombaan  diantarnya Ojhung (tradisi madura menyebutnya), pukul kendi, egrang, panjat pinang dan lain sebagainya, perlombaan ini bertujuan agar satu warga dengan warga lain menjalin kerja sama dan kekompakan sehingga mempererat tali persaudaraan antar warga. Rangkaian acara demi acara telah terlaksana, harapan warga desa dengan Sutrisno Selaku Kepala Desa Cermee sama, yakni mengharap Desa Cermee kedepannya akan berambah sukses dalam segala bidang, bermanfaat dan barokah bagi warganya.[red,Excy yudistira].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *